Selasa, 09 Januari 2018

Berikut Cara terbaik untuk atasi serangan asma

Berikut Cara terbaik untuk atasi serangan asma,- Kebanyakan orang yang memiliki asma tak mungkin akan meninggalkan obat mereka di rumah. Membawa obat ke manapun sangat penting untuk berjaga-jaga ketika mereka terkena serangan asma. Namun ketika pasien asma lupa atau tak sempat mengambil obat asma ketika serangan terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Ketika mengalami asma, saluran udara dalam paru-paru meradang dan terhalang oleh lendir. Ini membuat pasien sulit bernapas. Ketika dada mulai terasa sesak, paru-paru mengeluarkan suara mengi. Ada banyak hal yang bisa memicu serangan asma seperti polusi udara, emosi, atau pemicu asma lain seperti debu, asap rokok, dan lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi serangan asma ketika tak bisa menggunakan inhaler.

Jangan panik
Yang paling penting ketika pasien merasa akan terjadi serangan asma adalah tidak panik dan tetap tenang. Panik hanya akan membuat otot dada menjadi semakin kencang dan membuat pasien lebih susah bernapas. Tidak panik saat terjadi serangan asma memang sulit, karena biasanya respon pertama seseorang adalah panik, terutama ketika mereka tak membawa inhaler. Namun tetaplah tenang dengan mengingat bahwa panik hanya akan membuat asma semakin buruk.

Hindari pemicu asma
Setiap pasien asma seharusnya sudah mengetahui apa yang bisa memicu serangan asma pada mereka. Misalkan ada yang asma ketika terkena debu dan lainnya. Apapun itu, segera menjauh dari hal-hal yang bisa menyebabkan asma. terutama jika pernapasan mulai terasa tak nyaman.

Cari bantuan
Jika asma, batuk, dan suara mengi masih terus terjadi ketika Anda sudah beristirahat dan berusaha tidak panik, segera cari bantuan atau panggil ambulans.

Duduk tegak
Ketika dada mulai terasa sesak, berhenti melakukan apapun yang sedang Anda lakukan dan duduk dengan tegak. Jika tubuh melengkung ke bawah atau berbaring, pernapasan akan semakin terhalang dan asma akan semakin parah.

Bernapas panjang
Mengambil napas panjang dengan perlahan akan membuat proses pernapasan menjadi pelan dan mencegah serangan asma semakin parah. Tarik napas lewat hidung dan keluarkan lewat mulut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar